Apel Renungan Suci, Khofifah Minta Jaga Kepercayaan Publik Internasional

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimApel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka Peringatan HUT Ke-78 RI berlangsung di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember, Surabaya, Kamis dini hari, 17 Agustus 2023. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Gubernur Khofifah mengajak seluruh peserta AKRS yang terdiri dari TNI, Polri, siswa Pramuka, dan Kepala OPD Pemprov Jatim untuk mendoakan arwah para pahlawan yang bersemayam di TMP 10 Nopember. Di sini terdapat 3.859 makam dari TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan pejuang. Serta 53 makam tidak dikenal namanya.

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga,” katanya saat membacakan naskah AKRS.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Usai memimpin AKRS, Gubernur Khofifah mengungkapkan, salah satu upaya melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur ialah dengan menjaga International Public Trust. Hal ini seperti amanat Presiden RI Joko Widodo saat membacakan Pidato Kenegaraan pada Rabu, 16 Agustus 2023 kemarin.

“Presiden sampaikan bahwa ada International Public Trust yang sangat bagus kepada Indonesia. Tolong dijaga kepercayaan dunia kepada Indonesia yang sudah sangat bagus itu, mari kita ikuti dengan penguatan kualitas SDM serta hilirasi industri,” terangnya di hadapan awak media.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Ia menegaskan, penguatan kualitas SDM mutlak diperlukan agar mampu memanfaatkan bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045. Dimana, bisa dilakukan lewat berbagai upaya seperti penurunan angka prevalensi stunting, melakukan re-skilling, dan up-skilling tenaga kerja atau masyarakat yang ada di usia produktif.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyampaikan hilirisasi menjadi bagian yang tak kalah pentingnya sebagai salah satu strategi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Melalui hilirisasi akan meningkatkan nilai tambah dan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

Halaman Selanjutnya
img_title