PKS Surabaya Ungkap Alasan Kurangi Bacaleg Petahana di Pemilu 2024

Reni Astuti, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPartai Keadilan Sejahtera (PKS) mengurangi jumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) petahana untuk berkontestasi merebut kursi anggota DPRD Kota Surabaya pada Pemilu 2024.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Tiga dari lima kader partai yang saat ini masih aktif sebagai legislator kota pahlawan, digeser oleh pendatang baru karena dipersiapkan partai untuk berlaga di tingkat provinsi maupun pusat.

Reni Astuti dan Akhmad Suyanto, mengincar kursi senayan. Fatkur Rohman membidik kursi DPRD Jawa Timur. Sedangkan dua rekan mereka, Cahyo Siswo Utomo dan Aning Rahmawati tetap berlaga di kandang.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Komposisi pencalegan yang diambil partai bernomot urut delapan ini bisa dibilang tidak biasa. Sebab, Kota Surabaya merupakan arena pertarungan para petahana.

Semua partai politik di kota ini nyaris mengusung wajah-wajah lama yang telah menduduki kursi parlemen setidaknya dalam lima tahun terakhir untuk kembali turun gelanggang pada Pemilu 2024 mendatang.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Kepada Viva Jatim, Reni Astuti mengungkap alasan mengapa partainya 'tidak latah'. Ikut-ikutan memasang Bacaleg petahana pada Pemilu 2024 seperti yang dilakukan rival politik PKS.

Menurut Reni, setiap partai memiliki pertimbangan sendiri saat menentukan siapa sosok yang layak didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengikuti pertarungan politik lima tahunan di setiap level. Baik kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

Halaman Selanjutnya
img_title