Keseruan Tradisi Ritual Ujung di Jombang, Sabung Sabet Rotan untuk Datangkan Hujan

Keseruan Tradisi Ritual Ujung di Jombang
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim –Para petani Jombang menggelar ritual ujung atau sabung sabet rotan. Ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk mendatangkan hujan

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Tradisi turun temurun kali ini digelar di Desa Munduhsewu, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Minggu, 27 Agustus 2023. Dimana, sebagian besar penduduk desa setempat hidup dengan hasil bumi sendiri bagi pelakunya. 

Harapannya, saat kemarau Yang Maha Kuasa menurunkan hujan. Agar tidak terjadi kekeringan di mana-mana. Tradisi ujung ini hanya dilakukan pria dewasa.

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Musim kemarau membuat sebagian sawah petani kering kerontang. Hampir tiga bulan lamannya tak kunjung datang. Dengan menggelar ritual ujung ini, mereka berharap Yang Maha Kuasa menurunkan hujan. Agar tidak terjadi kekeringan berkepanjangan. 

Kepala Desa Munduhsewu Anisah mengatakan, ritual ujung adalah kepercayaan petani terdahulu yang disebut dengan tirakatan. Meski terlihat seperti penyiksaan diri, namun hal itu merupakan sarana kontemplasi dengan alam yang sedang mengalami kekeringan. 

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

"Ini merupakan salah satu ritual uri-uri lelehur, Senin ujung yakni untuk minta hujan agar petani di Desa ini bisa mengerjakan sawahnya dengan baik, sebab musim kemarau pada tahun ini sangat panjang," katanya. 

Tradisi ojung ini hanya dilakukan pria dewasa. Satu lawan satu. Para jawara harus membuka baju sebelum mengikuti tradisi ujung. Mereka hanya diperbolehkan memukul bagian kaki atau betis. Tradisi ojung ini juga diiringi musik gamelan, sehingga menambah suasana ojung semakin semarak. 

Halaman Selanjutnya
img_title