Soal Duet Anies-Cak Imin, Pengamat: Demokrat Tak Boleh Baper

Muhaimin Iskandar dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) dan Pakar Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM, Surokim Abdussalam turut mengomentari dinamika politik yang terjadi di tanah air. Khususnya manuver politik yang dilakukan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Anies Baswedan yang memilih Cak Imin sebagai cawapresnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Langkah manuver politik ini pun membuat Partai Demokrat geram. Mereka merasa telah dikhianati NasDem dalam kesepakatan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Apalagi, Demokrat tengah menyiapkan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapres Anies.

Surokim menyebut, bahwa di dalam dunia politik, manuver memang kerap terjadi. Dimana kepentingan sosial kekuasaan menjadi yang utama. Tidak berlaku etika dan sopan santun. Semua serba dinamis tergantung peluang dan tantangan yang dihadapi masing-masing pemain di arena politik.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

"Dalam politik kerap terjadi begitu, kepentingan abadi ya soal kekuasaan bukan soal fatsun. Ingkar mengingkari kesepakatan itu sering istilah orang jawa sudah jd  sego jangan dalam arena politik kita," ungkapnya kepada Viva Jatim, Jumat, 1 September 2023.

Untuk itu, Surokim pun mengatakan bahwa semestinya, Demokrat tidak perlu terbawa perasaan. Bahwa merasa kecewa dengan langkah politik Surya Paloh dan Anies Baswedan itu sah-sah saja. Sebab itulah realitas yang harus dihadapi oleh Demokrat sendiri.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

"Gak perlu kagetan. Demokrat boleh saja merana dengan masukknya PKB yang potensial bisa mengeser peluang cawapresnya," tambahnya.

Surokim lantas meminta Demokrat senantiasa waspada dan tidak boleh terlena dengan apapun dinamika politik yang terjadi saat ini. Sebab bisa saja nantinya PKB bergeser lagi merapat ke PDIP.

Halaman Selanjutnya
img_title