Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Arjuno Mulai Meluas ke Mojokerto

Kondisi kebakaran hutan dan lahan Gunung Arjuno
Sumber :
  • Dok. Pemprov Jatim

Mojokerto, VIVA JatimKebakaran hutan di lereng gunung Arjuno - Welirang sejak sepekan yang lalu belum berhasil dipadamkan. Justru api kian meluas hingga masuk ke wilayah Mojokerto. 

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Titik api muncul pertama kali di lahan perbukitan dengan jenis vegetasi semak belukar dan padang savana di bukit Budug Asu, lereng Gunung Arjuno pada Sabtu, 26 Agustus 2023 malam pukul. Kebakaran ini diduga akibat aktivitas pemburu liar. 

Api kemudian  menjalar ke kawasan Curah Sriti dan Bukit Lincing yang masuk wilayah administrasi Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Kabid Kedarurat dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim, saat ini kebakaran di kawasan lereng Gunung Arjuno dan Welirang meluas hingga ke wilayah Mojokerto, tepatnya di Dusun Pacet Selatan, Desa/Kecamatan Pacet. 

"Untuk kebakaran sudah masuk kawasan Tahura  Raden Soerjo Pacet di jalur cangar. Namun masih jauh dengan permukiman warga," katanya kepada Viva Jatim, Senin, 4 Agustus 2023. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Sedikitnya ada 20 personel tim gabungan dari BPBD Kabupaten Mojokerto dan UPT Tahura Raden Soerjo telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman pada pukul 03.00 WIB. Proses pemadaman dilakukan dengan cara manual yakni gebyok atau ranting pohon yang dipukulkan ke api. Akan tetapi, hingga siang api belum juga berhasil dipadam secara menyuluruh. 

"Nanti jam 15.00 WIB personel naik kembali dengan penambahan personel dari relawan MPA (Masyarakat Peduli Api)," ujar Khakim. 

Halaman Selanjutnya
img_title