Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin Nganjuk Raih Penghargaan Eco Pesantren Tingkat Provinsi

Gus Ridwan saat menerima penghargaan dari Gubernur Khofifah
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Malang, VIVA JatimPondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin Patianrowo, Nganjuk, menerima penghargaan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Acara dilangsungkan di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari, Kabupaten Malang, pada Senin, 4 September 2023.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin menerima penghargaan sebagai Eco Pesantren Terbaik I tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada pengasuh Pondok Pesantren, Gus Ridwan Baidlowi.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi bukti komitmen kita dalam rangka mewujudkan lingkungan hidup yang semakin baik terus dikuatkan,” ungkap Gus Ridwan saat dihubungi Viva Jatim.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Ekopesantren sendiri adalah sebuah istilah yang disematkan kepada pesantren-pesantren yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup dan konservasi alam.

Sejumlah kegiatan di bidang lingkungan adalah fokus utama Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin. Salah satunya adalah membuat berbagai kerajinan bernilai ekonomi dari sampah dan barang-barang bekas.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

“Selain mondok, para santri juga dibekali berbagai keterampilan untuk membuat kerajinan tangan sejak tahun 2016,” tuturnya.

Secara profesional, lanjut Gus Ridwan, pesantren mengelola dan melakukan pemasaran produk-produk kerajinan karya para santri. Beragam kerajinan telah dipajang di berbagai platform digital.

Halaman Selanjutnya
img_title