Presiden Jokowi Ungkap Kesepakatan Forum KTT ASEAN, Begini Panjelasannya

Presiden Jokowi di acara KTT ASEAN
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Forum KTT ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Jakarta menghasilkan beberapa kesepakatan yang terjadi di bidang ekonomi. Dalam hal ini diungkap oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Kepala Negara menuturkan, kesepakatan yang terjadi di bidang ekonomi di antaranya mengenai pengembangan kendaraan listrik hingga komitmen negara ASEAN untuk menggunakan mata uang lokal.

Jokowi mengatakan, mengenai manfaat ekonomi banyak uang sudah dihasilkan termasuk soal epicentrum of growth mengenai pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

"Deklarasi ASEAN mengenai epicentrum of growth mengenai pengembangan ekosistem EV baterai. Kemudian juga percepatan pelaksanaan regional cross border payment dan local currency transaction," kata Jokowi dalam konferensi pers di JCC, Senayan, Kamis, 7 September 2023.

Jokowi menjelaskan, dalam Indo Pacific Forum (AIPF) yang dilaksanakan pada 5-6 September 2023, telah menghasilkan 93 proyek senilai US$38,2 miliar.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

"Untuk pelaksanaan ASEAN Indo Pacific Forum ini konkrit menghasilkan 93 project senilai US$38,2 miliar. Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat," jelas dia. 

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand menyepakati untuk memperkuat kerja sama dalam melakukan transaksi menggunakan mata uang lokal negara masing-masing negara (Local Currency Transaction/LCT).

Halaman Selanjutnya
img_title