Pertamina Ingin Eksplorasi Sumur Terdampak Air Bercampur Minyak Ditolak Warga

Pihak Pertamina meninjau lokasi ke warga terdampak.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Belasan warga RT 5 RW 2 Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri menunggu kejelasan dari pihak terkait. Perwakilan Pertamina yang hadir mengingkan agar air dikuras untuk pembuktian kandungan air bercampur minyak.

Presiden Jokowi Tegaskan Harga BBM Tidak Naik

Perwakilan Humas Petro Niaga Jatim Balinus, Taufik Kurniawan menjelaskan pihaknya pada 12 Agustus 2023 silam, sudah mendistribusikan air bersih kepada warga sebaga rasa kepedulian sebelum hasil laboratorium keluar.

Awalnya, pihaknya menginginkan untuk mengeksplorasi sumur Ibu Sulastri. Tujuannya tidak lain untuk mengetes sejauh mana kandungan air yang bercampur minyak.

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

"Kalau dugaan ini benar, pasti akan kita bantu. Mohon dihormati prosedur di kami. Karena pembuktian lebih lanjut dilakukan sumur Bu Sulastri, hampir selesai yang independen keluar," ungkap Taufik Kurniawan dihadapan warga, Senin 11 September 2023.

Taufik mengaku, hasil laboratorium sampel dilakukan sebelum kejadian lebih parah air sumur yang pekat. Oleh sebab itu, Pertamina meminta agar menunggu hasil lanjutkan dari pihak Tim ITS Surabaya. 

Santri Asal Banyuwangi Tewas Dianiaya di Pondok Pesantren, Polisi Tetapkan 4 Tersangka

Ia juga menawarkan supaya melihat hasil sampel laboratorium yang telah dilakukan oleh tim independen. Hasil menyebutkan tidak ada kontaminasi air dari minyak.

"Kesimpulannya sebelum ada perubahan di sumur Ibu Sulastri negatif. Tidak ada kandungan senyawa ada di minyak baik solar maupun pertalite," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title