Anies Baswedan Gandeng Cak Imin, HISNU Sebut Suara Warga NU Tetap Bakal Mengalir ke Ganjar

Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusub Hidayat
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimHimpunan Santri Nusantara (HISNU) yakin suara Nahdliyin alias warga Nahdlatul Ulama (NU) khususnya di Jawa Timur akan mengalir Ganjar Pranowo, meski Anies Baswedan memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai Cawapresnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

“Enggak lah! Gak ngaruh apa-apa, kita enggak cemas! Cak Imin kan bukan representasi Nahdlyin,” kata Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusub Hidayat di Surabaya, Senin 11 September 2023.

Gus Yusub melanjutkan bahwa Cak Imin yang posisinya sebagai ketua umum Parpol yang berbasis NU bukan berarti ia sebagai representasi Nahdliyin. Banyak variabel, apalagi Nahdliyin ada di mana-mana, menyebar di semua partai.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

“Kalau di PKB kan hanya 7 persen menurut survei, itu (Nahdliyin) yang memilih PKB. Dalam konteks Pilpres, saya malah yakin dari 7 persen itu 5 persen di antaranya akan ke Pak Ganjar,” katanya.

Keyakinan Yusub bahwa suara Nahdliyin akan mengalir ke Ganjar Pranowo karena memang memiliki kedekatan secara amaliyah.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

“Terlebih warga NU di Jatim, kalau ke Anies ya saya kira orang bisa melihat lah itu. Makanya saya bilang HISNU tidak cemas, gak ngaruh apa-apa (duet Anies-Muhaimin),” ucapnya.

Melihat hasil survei, elektabilitas Cak Imin di Jatim yang mayoritas masyarakatnya warga NU memang tak menggembirakan. Dari hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) yang digelar pada 25 Juli-3 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota, keterpilihannya hanya di angka 3,8%.

Halaman Selanjutnya
img_title