Demi Lindungi UMKM Lokal, Pemerintah Diminta Tegas Tertibkan TikTok Shop

TikTok
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –  Aplikasi sosial media TikTok kini menjadi buah bibir sejumlah pemangku kebijakan di tanah air. Pasalnya, media sosial yang menyatu dengan e-commerce itu dinilai bakal merugikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal. Untuk itu, pemerintah diminta tegas menertibkan TikTok Shop demi melindungi UMKM lokal. 

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Anggota Ombudsman RI 2016-2021, Alamsyah Saragih menyebut bahwa dalam persoalan hilirisasi nikel dia menilai Pemerintah RI berani bersikap tegas. Semestinya, hal yang sama juga dapat diterapkan untuk persoalan Tiktok ini.

"Berkaitan dengan Tiktok Shop yang punya impact ke UMKM, Pemerintah perlu berani dan tegas. Masa untuk nikel Pemerintah bisa tegas, untuk melindungi UMKM dalam negeri tidak," kata Alamsyah dikutip dari VIVA, Jumat 22 September 2023.

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

Menurut Alamsyah, Regulasi untuk mengatur e-commerce seperti Tiktok shop mendesak dibuat dan diterapkan. Meskipun akan ada kesulitan dalam pelaksanaan tapi ke depan akan diperoleh masukan dari pelaksanaan agar menjadi lebih efektif.

"Pemerintah mungkin ragu karena peraturan ini harus lebih tajam dan luas untuk bisa efektif, seperti perlu mengatur hingga pemanfaatan algoritma. Kemungkinan substansi belum sampai ke sana. Hal lain mungkin pihak Tiktok berhasil meyakinkan bahwa kehadiran mereka justru menguntungkan kepentingan nasional," ujarnya.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Dia menyarankan, Pemerintah harus melakukan sesuatu konsultasi melibatkan stakeholder yang lebih luas sebelum disahkan. Semua itu bertujuan agar kemanfaatan bisa lebih dipastikan sebelum disahkan.

"Karena persoalannya lintas dimensi, maka mulai dari pihak terdampak negatif hingga yang diuntungkan harus diajak untuk membahas peraturan bersama instansi terkait. Hal lain, tidak perlu terlalu khawatir tentang dampak terhadap politik dagang luar negeri," kata Alamsyah.

Halaman Selanjutnya
img_title