Edufarm Literasi Petrokimia Gresik Jadi Pusat Pelatihan Petani Lamongan

Edufarm Literasi Petrokimia Gresik Jadi Pusat Pelatihan Petani
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimPetrokimia Gresik membangun pusat pelatihan pertanian di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan yang bisa dijadikan edufarm atau pembelajaran terkait pertanian dan peternakan. 

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Pusat pelatihan itu bernama Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi (Literasi), program ini menjadi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) yang bersertifikasi Kementerian Pertanian (Kementan).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan, dengan tranformasi ini, program Literasi yang telah banyak mendapatkan penghargaan tidak hanya membawa kesejahteraan anggota dan berdampak positif bagi pelestarian lingkungan, tapi juga mampu memberikan manfaat dan menginspirasi stakeholder pertanian maupun peternakan.

Yuhronur Efendi Daftar Cabup Lamongan ke Demokrat, Ingin Direkom Lagi

“Jika sebelumnya program Literasi hanya menjadi solusi atas problem limbah ternak dan pertanian di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Sekarang dampak positifnya lebih luas lagi, mampu menjadi media edukasi untuk peternakan dan solusi pertanian di Indonesia,” ujar Dwi Satriyo, Kamis, 28 September 2023.

Dengan diperolehnya sertifikat P4S dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, menjadikan Literasi sebagai jujugan untuk pelatihan peternakan, wisata edufarm bagi sekolah-sekolah maupun masyarakat umum. Beberapa perguruan tinggi juga telah melakukan kunjungan dan penelitian di Edufarm Literasi.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

“Literasi saat ini menjadi pusat pembelajaran pertama yang bersertifikat P4S di Lamongan. Selain itu, hal ini juga menegaskan Petrokimia Gresik sebagai satu-satunya perusahaan di sektor pupuk yang melaksanakan program community development hingga mencapai sertifikasi P4S,” ungkap Dwi Satriyo.

Untuk mengoptimalkan program pelatihannya, saat ini Literasi juga dilengkapi dengan e-learning modul peternakan dan pengamatan beternak melalui virtual tour 360. Fitur ini dapat diakses secara online melalui website www.edufarmliterasi.com. Literasi juga menyediakan pemandu bilingual untuk pengunjung berbahasa Inggris.

Halaman Selanjutnya
img_title