Dukungan Warga NU Jatim ke Prabowo Meningkat Versi Indikator Politik

Menhan Prabowo
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya di Jawa Timur periode 14-20 September 2023. Hasil survei menunjukkan bahwa dukungan warga NU kepada bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto terus meningkat. 

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

Dilansir dari VIVA, Senin, 2 Oktober 2023, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan, tren dukungan NU kepada Prabowo menunjukkan grafik kenaikan yang cenderung positif.

“Pendukung Pak Prabowo dalam beberapa bulan itu justru mengalami kenaikan di Jawa Timur, trennya menaik,” kata Burhanuddin, Minggu, 1 Oktober 2023.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Jika dilihat lebih mendalam, dukungan kalangan warga NU atau nahdliyin kepada Prabowo terus menguat. Pada bulan Agustus – September 2022, Prabowo meraih dukungan sebesar 28,5 persen. Kemudian, angka itu menguat menjadi 32,0 persen pada November 2022 dan terus naik menjadi 35,8 persen pada September 2023.

“Tren kenaikannya kelihatan banget itu adalah mereka yang memilih Pak Prabowo, dari 28,5 persen di Agustus 2022, naik jadi 32,0 persen di November 2022 dan September masih naik lagi menjadi 38,5 persen,” katanya.

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Lantaran itu, Burhanuddin mengatakan, dukungan kalangan NU terhadap Prabowo berpeluang besar memberikan dampak yang luar biasa pada Pilpres 2024.

“Sementara warga NU yang mendukung Mas Ganjar, dibanding suara yang mendukung Pak Prabowo, tapi trennya sedikit agak naik dan cenderung stagnan di bulan November 2022,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title