Beredar Kabar TikTok Shop bakal Dibuka Kembali, Begini Kata Mendag Zulhas

Mendag Zulhas
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Beredar kabar bahwa TikTok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023 setelah sebelumnya ditutup oleh Pemerintah. Informasi tersebut beredar luas di media sosial.

Pemilu 2024 Sarat Disinformasi, Politik Identitas dan Tantangan Teknologi AI

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan belum ada pengajuan izin dari TikTok untuk menjadikan media sosial itu sebagai e-commerce. Zulhas juga belum mendengar informasi TikTok Shop akan dibuka kembali.

 "Saya belum dengar. Belum juga (ada pengajuan izin)," kata Zulhas kepada wartawan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Oktober 2023.

Isi Hari Libur dengan Kegiatan Luar Ruangan dan Penuhi Perlengkapannya di Sini

Namun, Zulhas menyebut pemerintah terbuka dan akan membantu jika TikTok ingin mengajukan izin sebagai e-Commerce. 

"Tentu kalau ada (pengajuan izin). Jika memang TikTok ingin mengajukan izin sebagai toko online, pemerintah terbuka, membantu perizinan tersebut," ungkapnya.  

Viral! Detik-detik Reog Terbang Terhempas Angin Helikopter TNI AL di Magetan

Sebelumnya diberitakan, media sosial dihebohkan dengan isu pembukaan kembali TikTok Shop pada 10 November 2023. Informasi soal pengaktifan TikTok Shop ini berasal dari sebuah artikel berjudul "Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Detail Usai Diblokir Pemerintah?"

Dalam keterangan tersebut, dikatakan bahwa tim teknis TikTok telah bekerja keras untuk memastikan bahwa platform tersebut mematuhi regulasi yang berlaku per 6 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title