Pengamat Sebut Mahfud Cawapres Ganjar Sudah Pilihan yang Tepat

Pengamat Politik Surabaya Survey Center (SSC) Ikhsan Rosidi
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPengamat Politik Surabaya Survey Center (SSC) Ikhsan Rosidi menilai putusan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memilih Mahfud MD sebagai Cawapres dari Capres Ganjar Pranowo adalah putusan yang tepat. 

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Menurutnya, langkah Mega yang akhirnya memutuskan untuk memilih pria yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam itu dinilai sebagai langkah obyektif, strategis dan berani. 

"Karena Mahfud MD selama ini disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang layak menjadi salah satu cawapres di Indonesia," kata Ikhsan dalam rilis yang diterima Viva Jatim, Kamis 19 Oktober 2023. 

Momentum Idul Fitri Jadi Ajang Rekonsiliasi Politik Usai Pilpres 2024

Menurutnya, sejauh ini berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei nasional maupun lokal, nama Mahfud MD konsisiten menunjukkan tingkat elektabilitas yang relatif tinggi, "Bahkan di Jawa Timur angka elektabilitas Mahfud MD membubuhkan tren selalu tak terkejar sebagai cawapres most favorite bagi warga Jawa Timur," katanya. 

Lebih dari itu, lanjutnya pria asal Madura tersebut memiliki representasi kuat dari pemilih Jatim dan Nahdliyin ditambah kelompok Gus Durian. 

PKB Menang di Jatim, Tiga Sosok Ini Jadi Kandidat Kuat Ketua DPRD Jatim

"Sehingga, dengan 3 fakta ini Mahfud MD diharapkan dapat menutup kekurangan elektoral Ganjar Pranowo di Jawa Timur, yang dianggap sebagai wilayah pertarungan terpenting (battle ground) dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti," tutur Ikhsan. 

Ikhsan mengira, fakta tersebut yang sangat diperhitungkan oleh Mega, sehingga menjatuhkan pilihan kepada Mahfud MD. 

Halaman Selanjutnya
img_title