Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo, Ganjar Harap Bertanding Sehat

Prabowo dan Gibran
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menggandeng Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Merespons itu, capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo berharap kontestasi pilpres nanti berjalan secara fair.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Pengumuman Gibran jadi cawapres disampaikan langsung oleh Prabowo di rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu, 22 Oktober 2023 malam, setelah melakukan rapat bersama pimpinan partai KIM. Bersama Prabowo, turut hadir Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlanggar Hartarto, dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Prabowo mengatakan, hasil rapat KIM memutuskan bahwa Gibran dipilih menjadi cawapres. “Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” katanya.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Menteri Pertahanan itu mengatakan ia dan Gibran dijadwalkan mendaftar ke KPU pada 25 Oktober 2023. “Itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum,” ujar Prabowo.

Sebelum Gibran, sejumlah nama sempat menguat diisukan bakal digandeng Prabowo. Di antaranya Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa. Bagi relawan pendukung Jokowi yang tergabung dalam Kawan Milenial Jokowi (KAMI Jokowi), dipilihnya Gibran oleh Prabowo dinilai sebagai langkah yang tepat.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Sebab, kata salah satu inisiator KAMI Jokowi, Benidiktus Papa, secara politik, suara milineal pada Pemilu 2024 sangat signifikan. Menurutnya, kunci kemenangan pada pemilu kali ini, termasuk pilpres, adalah mendulang suara kaum milenial. Dan menurut Benidiktus Papa, Gibran akan banyak mendulang suara dari pemilih milenial tersebut.

Lantas bagaimana respons Ganjar atas keputusan KIM memilih Gibran sebagai cawapres? Kata mantan Gubernur Jawa Tengah itu, semua warga negara Indonesia memiliki hak untuk ikut berkontestasi di pilpres. “Selamat [untuk Gibran],” ucapnya di Media Center Tim Pemenangan Ganjar Pranowo Presiden di Jakarta Pusat, dikutip dari VIVA.

Halaman Selanjutnya
img_title