Mengukur Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Seberapa Besar Pengaruhnya?

Prabowo-Gibran kompak pakai kemeja biru
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Calon Wakil Presiden dari Calon Presiden Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka hingga saat ini masih tercatat sebagai kader PDI P. Gibran tetap tidak dipecat meski sudah keluar barisan PDIP yang sudah mengusung calon sendiri pada Pilpres 2024 yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Zulhas Dukung Presidential Club Ala Prabowo: Demi Indonesia Emas 2045

Isu pun beredar bahwa PDIP takut untuk memecat Gibran sebagai kader, karena pengaruh ayahnya yakni Presiden Jokowi yang masih kuat dan dapat memberikan dualisme kepada kader, khususnya di internal PDIP sendiri. 

Ketua BP Pemilu PDI P Jatim Deny Wicaksono membantah anggapan tersebut. Ia memastikan kebedaan Gibran dan Jokowi yang berada dibalik layar, tidak akan berpengaruh besar kepada naik turunnya suara Ganjar-Mahfud di Jatim. 

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

"Kalau terkait dengan jokowi untuk kader struktur kader pendukung PDIP saya rasa [tidak berpengaruh] tidak signifikan," kata Deny saat dikonfirmasi, Kamis 26 Oktober 2023. 

Menurutnya, kader PDIP Jatim sudah sangat dewasa dalam menentukan sikapnya. Titah siapa yang harus mereka turuti, dan sejauh ini ia memandang intruksi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri lah yang dipatuhi dan dilaksanakan. 

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

"Struktur dan kader PDIP sudah dewasa. Mereka jauh lebih mematuhi ibu ketua umum. Selama ibu ketua umum memberikan perintah itu yang akan kami laksanakan," tuturnya. 

Oleh karenanya, lanjut Deny, kader PDIP Jatim sepertinya bodo amat dengan langkah Jokowi serta Gibran sebagai cawapres. Karena faktanya, Jokowi tidak dapat memberikan intervensi apa-apa bagi para kader dan loyalis Ganjar-Mahfud. 

Halaman Selanjutnya
img_title