Momen Sumpah Pemuda, Pemdes Dapet Gresik Rawat Tradisi melalui Sedekah Bumi

Sausana sedekah bumi di Desa Dapet Gresik
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Pemerintahan Desa (Pemdes) Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik berkolaborasi dengan pemuda Karang Taruna (Kartar) menggelar tradisi sedekah bumi resik (bersih) Desa dan santunan kepada puluhan anak yatim.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Puluhan tumpeng raksasa yang dihiasi dengan bermacam buah-buahan hasil bumi serta jajanan pasar diarak mengelilingi Desa Dapet dan berakhir di petilasan Eyang Ronggo. Sedekah bumi ini diadakan setiap tahun sebagai wujud terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan berkah ke warga.

Kepala Desa (Kades) Dapet Siswadi yang hadir bersama Wakil Ketua DPRD Gresik Nurhamim, Camat Balongpanggang Muhammad Amri, Kapolsek AKP Zainudin para perangkat Desa, Kartar dan masyarakat desa setempat menyambut dengan antusias.

Menjaga Tradisi Lebaran, Anies Baswedan Silaturahmi ke Cak Imin

"Kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT yang diberikan kepada kita. Gunungan puluhan tumpeng raksasa yang merupakan hasil bumi, sebagai simbol rasa syukur kita," katanya, Minggu, 29 Oktober 2023.

Ia menambahkan, bumi yang telah menghasilkan keberkahan, rejeki bagi warga Desa yang mayoritas sebagai petani. Lewat sedekah bumi inilah warga bisa menjalin silaturahmi, bergotong royong dalam membangun kerukunan sekaligus melestarikan budaya bangsa.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

"Warga mayoritas petani, hasil dari bumi lah kita bisa hidup, makan dan minum serta rejeki dan Insya Allah menjadi berkah. Dari sedekah bumi juga, diharapkan warga semakin rukun, bergotong royong saling membantu," ungkap Siswadi.

Bertepatan dengan momen hari Sumpah Pemuda tahun ini, berharap pemuda Desa melalui Kartar bisa membangun Desa agar bisa lebih maju dan berkembang. Juga menjaga tradisi bangsa seperti sedekah bumi agar pemuda tidak hilang identitas sebagai anak bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title