Beda Perlakuan PDIP kepada Budiman dan Gibran, Ini Kata Puan

Puan Maharani usai meresmikan Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud di Surabaya
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menegaskan tidak ada perlakuan beda antara Budiman Sudjatmiko yang langsung dipecat saat menyatakan dukunganya kepada Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka yang saat ini malah menjadi Bacawapres Prabowo. 

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

"Enggak biasa aja, gak ada, biasa-biasa aja," kata Puan seusai meresmikan Rumah Pemenangan Ganjar-Mahfud Jatim, Sabtu 4 November 2023. 

Saat ditanya kenapa Gibran tidak langsung dipecat seperti halnya Budiman Sudjatmiko  yang tidak patuh kepada intruksi DPP PDIP, Ketua DPR RI ini berdalih hal itu tidak harus dilakukan. "Memang harus?" singkatnya. 

Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar ke PDIP

Menurut Puan, posisi Gibran saat ini sudah jelas, yakni bersebrangan dengan langkah DPP PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Capres-Cawapres. 

"Kan sudah menjadi cawapres Pak Prabowo, itu saja. Belum ada pengembalian KTA tapi sudah sudah menjadi Cawapresnya Pak Prabowo," ujarnya. 

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Puan mengatakan, PDIP tetap akan tegas kepada siapapun kader yang tidak patuh dengan intruksi DPP. Namun hal tersebut harus dilihat terlebih dahulu situasi dan kondisinya. 

"Kita tegas, kita mempunyai aturan. Kita juga melihat situasi dan kondisi apa yang akan dilakukan atau yang akan dilaksanakan. Tentu saja setelah kami mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.