Siaga Bencana Saat Musim Hujan, Gubernur Khofifah Tekankan Mitigasi

Gubernur Khofifah Pimpin Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

Kota Batu, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin apel siaga darurat bencana hidrometeorologi musim penghujan tahun 2023/2024 di Taman Rekreasi Selecta di Ds. Tulungrejo Bumiaji Kota Batu, Selasa 7 November 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah secara khusus menyampaikan bahwa apel ini diselenggarakan dengan tujuan membangun kesadaran, mengurangi dampak, dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi dari berbagai elemen.

Dalam apel ini, semua klaster harus siaga. Ada klaster sarana dan prasarana, klaster ekonomi, klaster pendidikan dan sosialisasi, serta klaster kesekretariatan. Semua klaster harus siap menghadapi musim hujan di akhir tahun.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Sore hari ini bersama-sama kita membangun jejaring kewaspadaan mitigasi dan kesiapsiagaan pada apel siaga darurat bencana menghadapi musim hujan 2023/2024. Kita pastikan bahwa semua dalam kondisi siap siaga. Personelnya, peralatannya dan keterhubungan komunikasi dan  teknologinya," kata Gubernur Khofifah dalam amanatnya. 

Untuk itu dalam apel ini, semua dilakukan mitigasi mulai dari kesiapan personil, logistik serta juga keberfungsian peralatan. Tidak hanya itu dalam apel ini juga ada penguatan pemahaman personil terkait rencana operasi dan menguji rencana kontinjensi jika terjadi bencana.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

"Kita terus melakukan kewaspadaan  dengan sinergitas dan kolaborasi diantara seluruh stakeholder dari pemerintah provinsi dan kabupaten kota dan seluruh elemen masyarakat terutama para relawan siaga bencana," pintanya.

Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa untuk dapat melakukan upaya mitigasi kesiapsiagaan dengan maksimal dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, ia meminta agar semua pihak terus melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi.

Halaman Selanjutnya
img_title