Semangat Membangun Desa Wisata di Tulungagung Mulai Redup

Salah satu BUM Desa yang dikelola
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Desa Wisata di Tulungagung dari hari ke hari kian redup. Ada beberapa yang masih bertahan dengan segala tantangan untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satunya adalah Nangkula Park yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Kendalbulur di Kecamatan Boyolangu, Tulungagung.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Ya tidak mungkin bisa eksis desa wisata, paling satu tahun dua tahun, setelah itu redup lagi. ya ini bisa kita bisa hirung dengan jari kondisi bagaimana kondisi di tulungagung ini," ujar Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa, Senin, 13 November 2023.

Menurut Anang, jikalau berbicara desa wisata tidak bisa tanpa tangan panjang dari pemerintah daerah. Karena desa wisata ini harus didukung juga industri wisata yang ada di kabupaten.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Ia mencontohkan berbicara kalau di Kota Batu, Kota Malang dan Jogja adalah daerah yang industri wisata sudah berjalan. Karena dikatakan Anang pada prinsipnya tidak mungkin hanya satu desa disitu terbaik mendukung industri yang ada.

"Karena desa wisata sebagai pendukung dari destinasi wisata istilahnya icon daerah disitu. Seperti di Kota Batu, sebagai industri wisata, desa-desa wisata sebagai pendukung dari industri wisata. Tanpa ada program yang baik, pendampingan maupun program pemetaan desa desa wisata, khususnya yang ada di Tulungagung," paparnya.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

Pengunjung tengah asyik menikmati spot foto di Nangkula Park

Photo :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Anang mengaku, saat ini di Tulungagung belum bisa maksimal dalam pendapingan maupun dukugan melalui alokasi anggaran. Pasalnya, di daerah lain sudah menerapkan dukunga penuh dalam rangka menciptakan ekosistem yang saling melengkapi.

Halaman Selanjutnya
img_title