Debat Panas DPR soal Netralitas Polisi di Pemilu 2024, Arteria Cecar Sahroni

Arteria Dahlan, Anggota DPR RI Fraksi PDIP
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Isu netralitas polisi jelang Pemilu 2024 kembali mencuat. Hal ini pun menjadi pembahasan hingga berujung debat panas di rapat Anggota Komisi III DPR RI. Debat sengit itu terjadi antara Arteria Dahlan dengan Ahmad Sahroni selaku Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Perdebatan keduanya terjadi saat rapat kerja atau raker antara Komisi III DPR dengan Polri. Saat sesi pendalaman materi, Anggota Fraksi PDIP Safaruddin yang dapat giliran bicara menyinggung Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang belum bicara tegas soal netralitas Polri di depan umum.

Dia heran isu netralitas polisi sudah mencuat sebelum masa kampanye Pemilu 2024 dimulai. Ia mengatakan saat ini hidup di tengah dunia media sosial sehingga setiap segala aktivitas keliru mudah diviralkan.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Safaruddin pun menyinggung soal dugaan polisi yang memasang baliho Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Sudah muncul di media sosial itu. Di Jawa Barat, dan di Jawa Tengah itu kenapa PSI dipasangkan balihonya oleh polisi. Belum masa kampanye, sudah banyak sekali isu-isu," kata Safaruddin di ruang Komisi III DPR, Rabu, 15 November 2023.

KPU Mojokerto Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD, PKB Jadi Pemenang

Dia pun meminta agar Polri yang diwakili Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran saat raker memberikan klarifikasi. Sebab, jika benar ada anggota polisi pasang baliho maka sudah jadi 'pemain'.

Selesai Safaruddin menyudahi argumennya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengambil alih jalannya raker. Namun, sebelum beri kesempatan kepada anggota Komisi III DPR lainnya, dia menyinggung Safaruddin.

Halaman Selanjutnya
img_title