Jatim Usulkan Gelaran Raimuna Daerah dari 5 Jadi 3 Tahun Sekali

Khofifah Indar Parawansa usai membuka Raimuna Daerah ke XIV
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengusulkan gelaran Raimuna pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka yang awalnya 5 tahunan menjadi 3 tahunan sekali.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Hal itu diungkapkan oleh Khofifah Indar Parawansa usai membuka secara resmi Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur XIV di Pantai Prigi Trenggalek. Alasan kuat dengan jangka semakin diperpendek sebagai upaya memfasilitasi generasi Pramuka lebih intens dengan hal yang bermanfaat.

"Saya berharap kedepan (Raimuna Daerah) bisa 3 tahun sekali. Karena pertemuan ini sangat dibutuhkan sekali, untuk mempertemukan pikiran-pikiran dari seluruh peserta," ujar Khofifah kepada awak media, Jum'at, 17 November 2023.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Khofifah telah menyampaikan kepada Ketua Pramuka Jawa Timur penting dalam upaya membangun interaksi di antara satu kelompok dengan kelompok yang lain. Satu Kwarcab dengan Kwarcab yang lain, satu penegak dengan penegak yang lain serta satu pandega dengan yang lain. Sehingga hemat Khofifah Raimuna lima tahun sekali terlalu lama.

"Saya usul Raimuna bisa dilakukan 3 tahun sekali. Supaya pertemuan diantara para pandu ini semakin bisa memberikan penguatan. Bagaimana bersama-sama kita menjaga negara kesatuan Republik Indonesia seluruh para Penegak dan Pandega," harapnya.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Ia mengulas daerah kawasan Pantai Prigi luar biasa, yang memiliki suasana untuk mendekatkan hati Pramuka bahwa nenek moyang dahulu sebetulnya adalah pelaut. Dengan wilayah Indonesia 84 persen maritim, oleh karena itu Khofifah mengajak untuk cinta kepada laut dan cinta kepada maritim.

"Harus seiring dengan menjaga mendukung alam dan daya dukung lingkungan serta menjaga habitat laut," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title