Cerita Aktor Inggris saat Ditahan Petugas Masjidil Haram gegara Mengenakan Keffiyeh Palestina

Islah Abdur Rahman yang pakai syal Palestina di Arab Saudi
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Baru-baru ini seorang aktor dari Inggris yang bernama Islah Abdur Rahmah ditahan oleh petugas keamanan di Masjidil Haram karena menggunakan keffiyeh Palestina.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Lantas, kejadian tersebut membuat heboh media sosial usai menceritakan pengalaman kurang menyenangkan dirinya selama di Arab Saudi. Pada saat itu, Islah hendak melaksanakan ibadah umrah bersama dengan keluarganya. 

Seperti diketahui, Keffiyeh merupakan syal yang dikenal sebagai simbol perlawanan Palestina dan ia memakai keffiyeh sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. 

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Islah menceritakan kejadian ini melalui akun Instagram pribadinya @mustahislah. Ia mengaku sempat diinterogasi oleh tentara Arab Saudi dengan banyak pertanyaan. 

“Saya ragu-ragu untuk memposting ini, tapi sayangnya saya ditahan selama 1 setengah jam oleh tentara Arab Saudi di kota suci Makkah. Mereka tidak jelas mengapa mereka membawa saya, mengantar saya ke lokasi di luar lokasi,” tulisnya dalam bahasa Inggris.  

Israel Alami Kerugian Rp16,3 Triliun gegara Menghalau Serangan Iran

“Setelah diinterogasi, memeriksa surat-suratku dan lain-lain. Ternyata itu karena aku mengenakan keffiyeh (syal) Palestina dan tasbih berwarna Palestina di tanganku. Awalnya aku takut, lalu tetap tenang dan menyaksikan mereka membicarakanku,” paparnya. 

Islah mengatakan bahwa para tentara Arab Saudi itu menjelaskan alasan dirinya dibawa oleh mereka. Pada akhirnya, ia dijelaskan bahwa pemakaian atribut negara lain tidak diperbolehkan di kawasan Arab Saudi karena tidak bagus untuk dipandang. 

Halaman Selanjutnya
img_title