Mensos Risma Sebut Telah Tangani 6 Ribu Pasien Katarak

Mensos Risma saat meninjau RSUD dr Iskak Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimMenteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyebut telah melakukan ribuan operasi bagi penderita katarak yang tersebar di seluruh Indonesia. Operasi tersebut sebagai bentuk langkah cepat untuk mengantisipasi kebutaan atau sahabat disabilitas netra.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

"Sudah 6 ribu sejak sekitar 2022 saya masuk (jadi Menteri) akhir 2020-2021. Kita mulai setiap bulan kita lakukan operasi katarak di seluruh daerah," papar Tri Rismaharini saat mengunjungi operasi katarak di RSUD dr Iskak Tulungagung, Rabu, 22 November 2023.

Perempuan alumnus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini menambahkan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan juga Yayasan Peduli Amal Peduli Kasih (YPP) serta lainnya yang telah membantu kegiatan bakti sosial operasi katarak.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ia menyebutkan, pernah menemukan kasus anak-anak di Kediri, ternyata setelah dicek Ada faktor keturunan. Ada 2 anak menderita katarak dan ibunya sekalian, sehingga sang ibu menunggu operasi terlebih dahulu sang buah hati.

"Setelah anaknya operasi kemudian baru ibunya, karena ibunya ingin menjaga saat anaknya operasi," paparnya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Terutama menurut Bu Risma, ketika anak-anak kecil mendapatkan persoalan nilai jelek, orang tua harus curiga. Terkadang sang anak tidak bisa melihat dan tidak mengerti kenapa tidak bisa melihat, serta tidak mau bercerita kepada orang tua.

"Jadi kalau nilainya jelek terus itu kadang karena memang dia tidak bisa melihat kan itu memang terjadi dan mengalami di beberapa penurunan penglihatan," ulasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title