3000 Personel Kepolisian Bersiaga Amankan Unjuk Rasa Buruh di Surabaya

Sejumlah personel kepolisian bersiaga di Taman Pelangi, Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimUnjuk rasa buruh di Surabaya berlangsung hari ini, Kamis 30 November 2023. Untuk mengamankan aksi itu, sekitar 3.000 personel kepolisian bersiaga di sejumlah titik Kota Pahlawan.

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Kasi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya, AKP Haryoko Widhi menyampaikan, ribuan personel kepolisian itu berjaga pada jalur-jalur yang dilalui peserta unjuk rasa.

"2600 personel sampai 3000 persenel. (Berjaga) mulai dari bundaran Cito sampai dengan ke Kantor Gubernuran. Semua jalur yang dilewati (pengunjuk rasa) di jaga petugas," ujar Widhi kepada Viva Jatim melalui pesan panjang.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Widhi menambahkan, para personel yang bersiaga berasal dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik hingga Polres Mojokerto.

Meski estimasi jumlah peserta unjuk rasa mencapai 20 ribu orang. Widhi mengatakan pihaknya tidak akan menutup akses menuju Kota Surabaya.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"(Akan dilakukan) kanalisasi dan penyekatan dilaksanakan sepanjang rute yang dilalui," lanjutnya.

Berdasar informasi yang beredar, unjuk rasa buruh akan berpusat di depan Gedung Negara Grahadi Jalan  Gubernur Suryo, dan Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan. Mereka menuntut Gubernur Khofifah Indar Parawansa agar menetapkan kenaikan UMK sebesar 15 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title