Alat Canggih ESWL Milik RSWH Gresik, Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Dr Husni Thamrin sedang mengobati pasien menggunakan alat ESWL
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimBatu ginjal atau batu kemih adalah zat keras yang terbentuk akibat dari endapan mineral dan garam pada ginjal disebabkan tidak bisa disaring oleh tubuh. Batu ginjal bisa berbahaya dikarenakan bisa menjadi penyebab gagal ginjal.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Dengan transformasi teknologi medis yang berkembang dengan canggih, pengobatan batu ginjal tidak lagi menggunakan operasi, tapi sekarang bisa dengan alat Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), dimana pengobatan batu ginjal tanpa menggunakan operasi.

Karena itu, untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan, RS Wates Husada (RSWH) Gresik menambah beberapa alat kesehatan seperti Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). 

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Sebelumnya Rumah Sakit tipe C ini sudah memiliki alat canggih seperti Panoramic X-ray, Echocardiografi, Phacoemulsification, Uroflowmetry dan Phacoemulsification serta alat canggih lainnya.

Dr Mohammad Husni Thamrin spesialis Urologi RS Wates Husada mengatakan cara kerja alat ESWL ini yakni dengan menggunakan gelombang kejut atau elektromagnetik dari mesin yang dapat memecah batu ginjal menjadi serpihan kecil-kecil. Pasien tidak perlu rawat inap, cukup rawat jalan.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"ESWL ini alat canggih terbaru yang di miliki RS Wates Husada. Alat penghancur batu ginjal tanpa operasi ini di datangkan untuk menambah mutu dan kualitas layanan RS. Di wilayah Gresik selatan alat ESWL ini hanya ada di RS Wates Husada," katanya, Jumat, 1 Desember 2023.

Dr Husni menambahkan cara kerja dari alat ini dengan menembakkan gelombang kejut ke pasien dalam sekali sesi pengobatan bisa mencapai 3.000 tembakan kejut, dengan dimulai dari 60 tembakan per menitnya tapi bisa cepat disesuaikan keperluannya.

Halaman Selanjutnya
img_title