Munculnya Gen AI Jadi Penanda Perubahan Zaman

Teknologi AI (Ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimGen AI atau artificial intelligence generatif diniliai dapat mendukung pertumbuhan bisnis dan menjadi solusi yang inovatif untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Pendiri Baba Rafi Berbagi Pengalaman Bisnis di Singapura

Country Director Devoteam G Cloud Indonesia, Hendrawan Deny Ardiyatman, menyebutkan bahwa dalam perkembangan teknologi yang terus meningkat, munculnya kecerdasan buatan (AI) menandai perubahan penting dalam cara bisnis beroperasi dan berinovasi.

Menurut dia, gen AI, yang ditandai dengan integrasi kecerdasan buatan ke dalam aktivitas sehari-hari, telah memicu implementasi yang berdampak signifikan di berbagai sektor, merevolusi proses bisnis, dan membuka peluang-peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

"Saatnya mengoptimalkan kemampuan teknologi untuk pertumbuhan dan tantangan bisnis melalui gen AI," kata dia di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023. Gen AI juga menjadi tema pada gelaran CIO Summit 2023 di Bali, beberapa waktu lalu. 

CIO Summit merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Devoteam, sebagai perusahaan konsultan IT multinasional asal Prancis. Hendrawan menjelaskan sektor-sektor industri yang dapat dibantu oleh gen AI antara lain content generation.

Harga Emas Dunia Naik Tipis, Antam Stabil

"Konten yang berkualitas dan dipersonalisasi, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini bisa berupa konten marketing, media sosial dan periklanan, memberikan keleluasaan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat, efektif, dan efisien dengan para audiens," tuturnya.

Bidang lainnya adalah desain produk dan inovasi, di mana kecerdasan buatan dapat mengarahkan perusahaan dalam menciptakan ide-ide untuk merancang produk-produk baru dengan menganalisis tren pasar dan preferensi konsumen.

Halaman Selanjutnya
img_title