Bawaslu Jatim Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Humas Bawaslu Jatim, Dwi Endah Prasetyowati
Sumber :
  • Thoriq/VIVA Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur terus mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bersikap netral menghadapi pemilu 2024 mendatang. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Kordiv Humas dan Data Informasi Bawaslu Jatim, Dwi Endah Prasetyowati mengatakan pihaknya mencatat sudah ada 13 laporan yang masuk ke Bawaslu Jatim terkait dugaan pelanggaran pemilu, selama proses berlangsung. Satu diantaranya dilakukan ASN. 

"Sudah ada 13 yang sudah memperoses menangani pelanggaran. Terkait pelanggaran kode etik, administrasi dan undang-undang lainnya. Yang tadi disebutkan adalah ASN," kata Endah saat dikonfirmasi, Selasa 5 Desember 2023. 

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

"[Untuk ASN] Ada satu kasus dan itu sudah diproses, dan sudah dilakukan rekomendasi kepada KASN," lanjutnya. 

Segala proses pelanggaran pemilu, ia katakan, akan diterima Bawaslu Jatim untuk selanjutnya diproses. Kendati demikian Bawaslu tidak dapat memberikan saksi, semua diserahkan ke pihak yang berwenang, dengan berbagai rekomendasi yang diberikan Bawaslu. 

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

"Hanya merekomendasikan saja, bukan memberikan sanksi. Ada lembaga lain yang mempunyai kapasitas atau kewenangan dalam memberikan sanksi tersebut," jelasnya. 

Kewenangan Bawaslu, masih kata Endah, memperoses segala bentuk laporan pelanggaran dengan memanggil pihak terkait untuk diklarifikasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title