Erupsi Gunung Merapi, Terbaru Ada 23 Korban Tewas dan 16 Teridentifikasi

Tim SAR evakuasi korban erupsi Gunung Merapi
Sumber :
  • Viva.co.id

Sumbar, VIVA Jatim – Peristiwa erupsi Gunung Merapi menelan puluhan korban jiwa yang tewas di lokasi. Hingga kini, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) telah mencatat ada 23 korban tewas dan 16 teridentifikasi. Korban tewas itu kesemuanya adalah pendaki dari sejumlah daerah.

6 Perahu Dikerahkan Tim SAR Cari Nelayan Hilang di Prigi Trenggalek

"Total korban tewas erupsi Gunung Marapi adalah 23 pendaki," kata Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono, dikutip dari VIVA, Rabu, 6 Desember 2023.

Suharyono katakan, 23 korban meninggal itu merupakan pendaki yang sebelumnya sudah diketahui posisi keberadaannya. Kemungkinan korban akan terus bertambah. Tim SAR gabungan sampai hari ini masih terus mencari sejumlah pendaki yang masih terjebak di Gunung Marapi.

Begini Kondisi 12 ABK Asal Lamongan yang Selamat, 3 Masih dalam Pencarian

"32 tim terdiri dari 300 personel dikerahkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi kemungkinan korban lain," ujar Suharyono.

Terpisah, Kabiddokkes Polda Sumbar, Kombes Pol drg. Lisda Cancer menyebut sebanyak 16 jenazah sampai malam tadi sudah teridentifikasi. Tim Disaster Victim Identification (DVI) berhasil mengidentifikasi para korban melalui sidik jari.

Gunung Marapi Kembali Meletus hingga Terdengar Dentuman Keras

“16 jenazah sudah teridentifikasi. Pagi ini, ada lima jenazah yang akan diidentifikasi lagi. Jenazah yang teridentifikasi, sudah diserahkan ke pihak keluarga," kata Lisda.

“Selain sidik jari, korban teridentifikasi melalui data medis dan ciri-ciri khusus dari korban. Rata-rata kondisi korban bagus walau mengalami luka bakar,” ujar Lisda.

Halaman Selanjutnya
img_title