Hentikan Kebutuhan Impor, Gus Muhaimin Fokus Ciptakan Swasembada Pangan

Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Magetan, VIVA Jatim - Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Paslon nomor 01 Gus Muhaimin Iskandar fokus dalam menata kebutuhan pangan di Indonesia. Baginya, terciptanya swasembada pangan akan menentukan masa depan masyarakat di Indonesia.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

Ketegasan Gus Muhaimin dalam memperjuangkan swasembada pangan ia sampaikan saat menghadiri acara Dialog dan Guyonan Bareng Cak Yudho Bakiak bersama peternak dan UMKM Magetan, Sabtu 30 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Imin berjanji akan memperkecil kebutuhan import dalam negeri dengan menciptakan swasembada pangan Indonesia.

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

"Kita AMIN akan berusaha sekuat tenaga menghentikan impor, minimal memperkecil impor," kata Gus Imin.

Menurutnya, untuk memperkecil impor tersebut, langkah awalnya menyediakan kebutuhan pertanian yang cukup, seperti pupuk harga murah, alat sistem pertanian (Alsinta) yang mumpuni, bahkan BBM jenis solar untuk diesel irigasi, tersedia dengan cukup.

Cak Imin Upload Foto dengan Dasco Gerindra, Ada Apa?

Jika hal itu sudah dilakukan, dikatakannya, petani akan tenang mengelola ladangnya. Bagai gayung bersambut, setelah musim panen tiba, tugas pemerintah selanjutnya yakni bergerak membeli hasil panen dengan harga layak yang memberi keuntungan kepada petani.

Hal ini, lanjut dia, sebagai langkah kongkrit untuk menekan kebutuhan impor nasional. "Semua kebutuhan makanan nasional ini, sebagian besar masih tergantung kepada impor," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title