Ungguli Jepang dan Korsel, Angkatan Laut Indonesia Terkuat Ke-4 di Dunia

Dua Kapal Perang TNI AL
Sumber :
  • Puspen TNI

Surabaya, VIVA Jatim – Sektor militer di Indonesia memang patut dibanggakan. Bukan hanya di angkatan darat yang disegani banyak negara. Angkatan lautnya pun menempati peringkat ke-4 terkuat di dunia menurut World Directory of Modern Military Warships pada 21 Juli 2023 lalu. 

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Peringkat itu membuat Angkatan Laut Indonesia berhasil mengungguli Jepang dan Korea Selatan yang selama ini dikenal dengan alutsista modern dan sangat canggih. 

Dalam laporan ini, dikutip dari VIVA, Sabtu, 6 Januari 2024, World Directory of Modern Military Warships melihat jumlah kapal perang yang dimiliki oleh Indonesia.

Mau Kuliah Gratis di Jepang Plus Uang Saku Rp12 Juta Perbulan? Buruan Daftar!

Sampai saat ini, RI diketahui memiliki 243 unit kapal perang kualitas wahid. Sebab negara maritim dan garis pantai yang sangat panjang. Indonesia memang lebih fokus terhadap kapal perang karena berbagai masalah kerap terjadi di wilayah perairan Indonesia.

Namun siapa yang sangka, fokus Indonesia dalam memperbanyak kapal perang ini justru membuat AL Indonesia melesat ke peringkat 4 dunia. Meski begitu, situs tersebut mengatakan bahwa penilaian ini bukan hanya menurut kepemilikan kapal perang, tapi kualitas secara umum.

27 Prajurit TNI Dapat Penghargaan Usai Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza

“Suatu kekuatan tidak hanya dinilai dari jumlah total kapal perang dan kapal selamnya, tetapi lebih dari kualitas dan campuran inventaris secara umum. Di luar ini adalah fokus pada kemampuan galangan kapal lokal, keseimbangan inventaris (campuran umum tipe unit), dan pengalaman angkatan laut,” kata WDMMW.

Aspek lain yang dinilai dalam menentukan Angkatan Laut terkuat di dunia ini berdasarkan jumlah alat tempur keseluruhan yang dimiliki. Selain itu, ada pula dukungan logistik, kemampuan serangan, kemampuan pertahanan, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
img_title