Debat Ketiga Berjalan Seru, Sayangnya ada yang Cepat Emosi

Anies, Prabowo dan Ganjar saat Debat Pilpres Ketiga
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Debat ketiga Capres 2024 berjalan ‘panas’ dalam pertarungan adu gagasan. Pada sesi pertanyaan dan tanggapan, alur debat tambah memanas dan beberapa capres terlihat emosi dalam menjawab.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Jubir AMIN di Jawa Timur, Fauzan Fuadi menuturkan, dirinya bangga dengan Capres Anies Baswedan yang dapat memaksimalkan waktu yang terbatas untuk memaparkan pemikiran dengan lugas dan elegan. "Debatnya seru," kata Fauzan, Senin 8 Januari 2024.

Namun demikian ada beberapa hal yang ia sesali dalam debat tadi malam, khususnya soal sikap Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang dinilainya terkesan mengedepankan emosinya dibanding argumen epik saat disodorkan pertanyaan oleh Anies. "Sayangnya ada yang cepat emosi," jelasnya.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini beranggapan, forum debat capres merupakan kesempatan emas untuk menampilkan performa yang baik dan membantah semua anggapan negatif dari masyarakat. Termasuk penilaian tempramen yang acapkali dialamatkan ke Prabowo.

"Tujuan KPU menyelenggarakan debat apa? Ya adu gagasan, adu data, adu argumentasi. Supaya masyarakat bisa mengenali profil calon dan ide yang dibawa. Seharusnya tetap elegan, merespon dengan tenang," ujarnya.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Namun apa yang terjadi, lanjut Fauzan, Prabowo menilai Anies berambisi untuk menjadi presiden, bahkan menyebutnya menggunakan cara tak terpuji dengan mengadu domba masyarakat.

"Malah (Prabowo)mengatakan jangan karena ambisi menjadi presiden, lalu mengadu-domba rakyat," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title