Indonesia Exploration Forum 2024 Dukung Eksplorasi Migas Masif untuk Ketahanan Energi

Indonesia Exploration Forum 2024
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Indonesia, menggelar Indonesia Exploration Forum (IEF) bertajuk "Framing the Future of Indonesia’s Oil and Gas: Massive Exploration for Indonesia Energy Security" bertempat di The Westin Hotel, Surabaya. Forum ini berlangsung selama dua hari pada 14 hingga 15 Oktober 2024 dan diikuti oleh 550 peserta.

Indonesia Exploration Forum (IEF) hadir sebagai respons terhadap tantangan yang dihadapi industri hulu migas dengan mendorong eksplorasi besar-besaran dan mempercepat transisi dari penemuan hingga produksi untuk mendukung ketahanan energi untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045.

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan di tengah meningkatnya permintaan dan transisi energi, Indonesia harus mampu menjawab tantangan untuk memperkuat ketahanan energinya melalui upaya eksplorasi yang lebih masif dan kolaboratif.

“Forum eksplorasi ini bisa menjadi sarana untuk melakukan kolaborasi dan upaya peningkatan penemuan migas. Forum ini agar dilakukan secara reguler, sehingga perkembangan eksplorasi dan upaya-upaya breakthrough dalam upaya penemuan-penemuan berkelanjutan di eksplorasi bisa terus ditingkatkan," ujar Dadan dalam keterangan persnya.

Dadan mengungkapkan konsumsi minyak terus meningkat sedangkan tren produksi minyak belum bisa naik. Hal ini menjadi tantangan industri hulu migas.

"Saya mengingatkan kembali pesan Presiden bahwa tidak menerima alasan produksi minyak turun, dan produksi minyak harus naik. Perintah dari pimpinan tertinggi sudah jelas, dan bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi yang ada dan menjadi hasil," katanya.

Dadan menambahkan, Pemerintah saat ini fokus di wilayah timur mencakup Buton, Timor, Seram, Aru dan Papua. Saat ini telah dilanjutkan joint studi dan blok migas dan telah ada 34 joint study eksplorasi yang menunjukkan potensi migas di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri.