Khasiat Gula Merah Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan hingga Nyeri Sendi

Gula merah
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jatim – Banyak makanan baik manis maupun gurih menggunakan gula merah. Namun, mungkin tak banyak yang tahu ternyata gula merah banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Menurut hasil penelitian, mengkonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu pencernaan, meredakan sakit tenggorokan, detoksifikasi hati, meredakan sembelit, dan stres, meningkatkan energi, dan mengobati sindrom pramenstruasi.

Gula merah merupakan alternatif dari gula putih. Bahkan, di India, ada sebagian ahli kesehatan memasukkan gula merah ke dalam pengobatan tradisional.

Menurut ahli gizi, gula merah dibekali dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu membangun kekuatan dan kekebalan, serta mampu menangkal penyakit ringan. 

Gula merah memiliki potensi ‘panas’ yang memberikan kehangatan pada tubuh. Mencampurkannya dengan jahe dan daun kemangi dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, flu musiman, pilek, batuk, dan demam.

Selain baik untuk tenggorokan, gula merah juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Mengonsumsi gula merah dan jahe setiap hari dapat mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kesehatan tulang karena mempunyai sifat anti-inflamasi.

Gula merah juga berperan sebagai pemasok energi karena dikemas dengan karbohidrat. Tak cuma itu, ia mengandung selenium, zinc, dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.