Forum Improvement & Innovation Award Surabaya : Ajang Inovasi Dorong Ketahanan Energi

Wisnu Hindadari (tengah)
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimForum Improvement & Innovation Award 2024 berlangsung di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 8 sampai 10 Oktober 2024. Forum yang diselenggarakan oleh Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa tersebut, bagian dari upaya dalam mendukung ketahanan energi nasional yang berkelanjutan.

Sebanyak 100 tim meramaikan forum ini. Mereka mempresentasikan berbagai inovasi seperti peningkatan produksi migas, peningkatan cadangan, pencegahan potensi kehilangan produksi, penciptaan inisiatif yang mendukung keunggulan operasi, efisiensi biaya, peningkatan kinerja di aspek kesehatan, keselamatan, keamanan serta pengurangan emisi karbon demi mengembangkan aktivitas permigasan yang berwawasan lingkungan dan keberlanjutan.

"Acara ini sebenarnya ada dua ya. Yang pertama tentunya kita perusahaan ya memberikan wadah bagi kawan-kawan inovator untuk bisa memberikan hasil inovasinya di dalam forum ini yang tentunya untuk sangat penting untuk kelanjutan dari perusahaan kita dan yang kedua ini adalah bukti nyata dari manajemen Pertamina EP untuk selalu mendorong inovasi-inovasi tersebut tentunya juga untuk sustainability energy di dalam negeri," ujar Direktur Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Wisnu Hindadari kepada wartawan, Selasa, 8 Oktober 2024.

Ia mengatakan, forum ini merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan antar insan Pertamina. Harapannya, inovasi yang dikembangkan dapat direplikasi di wilayah kerja Pertamina lainnya dan memupuk pengembangan ide dan inovasi yang berkesinambungan.

Dengan tema Driving Innovation: Pioneering Sustainable Energy and Community Development, ia berharap Forum IIA 2024 dapat menciptakan keberlanjutan energi dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Dan perlu saya sampaikan, inovasi ini bukan angan-angan tapi sudah dilakukan secara proven di tempatnya dia berada yang bisa tampil di sini. Dan ini sudah diuji dengan berapa value creation yang dihasilkan oleh finance kita," lanjutnya.

Selain itu kata Wisnua, forum ini juga sebagai sarana untuk menjembatani antara dunia bisnis di sektor minyak dan gas dengan dunia pendidikan. Oleh sebab itu, Forum IIA 2024 digelar dengan menggandeng ITS Surabaya.