Pj Gubernur Adhy Sampaikan Pencapaian Jatim di Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyampaikan berbagai pencapaian Jatim pada upacara Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu, 12 Oktober 2024. Keberhasilan tersebut menunjukkan Jatim siap menjadi gerbang nusantara baru dalam mendukung keberadaan Ibu Kota Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Adhy menegaskan posisi strategis Jawa Timur untuk menjadi 'Gerbang Nusantara Baru.' Menurutnya, hal ini adalah bentuk dukungan, langkah, dan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung keberadaan Ibu Kota Nusantara.

"Saya rasa, Jawa Timur harus menjadi Bridge Builder nasional dengan terwujudnya Ibu Kota Nusantara. Mari kita singkirkan rivalitas untuk menjalin intensitas melalui kolaborasi dengan banyak pihak," kata Adhy.

Adhy menjelaskan penegasan posisi Jawa Timur didukung dengan berbagai alasan di antaranya posisi Jatim yang kini telah menjadi Hub Indonesia Timur. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dari 37 trayek Tol Laut di seluruh Indonesia, 19 trayeknya berasal dari Jawa Timur.

"Jawa Timur juga didukung dengan keberadaan 8 bandara, 37 pelabuhan umum, 12 Kawasan Industri (KI), 2 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan 1 Kawasan Industri Halal," katanya.

Di samping itu, sebagai lumbung pangan nasional, selama ini Jawa Timur juga menyuplai kebutuhan beras di 16 provinsi mitra di Indonesia. Bahkan, Jawa Timur masih mempertahankan posisinya sebagai produsen padi terbesar di Indonesia selama empat tahun berturut-turut dari tahun 2020–2023.

"Capaian Produksi Padi di tahun 2023 sebesar 9,71 Juta Ton GKG atau setara dengan beras sebesar 5,6 Juta Ton, dan berkontribusi sebesar 17,9% terhadap produksi padi nasional," jelasnya.