Sejumlah Rumah di 3 Kecamatan Rusak Akibat Diterjang Angin Kencang

Warga membersihkan puing bangunan rumah yang ambruk
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA JatimHujan deras disertai angin kencang yang melanda tiga Kecamatan di Kabupaten Lamongan, yakni Mantup, Kedungpring dan Kembangbahu membuat sejumlah rumah warga rusak.

Selain mengakibatkan rumah warga rusak, angin kencang yang terjadi pada Kamis 24 Oktober tersebut juga membuat sejumlah pohon yang berada di sejumlah titik juga ikut roboh.

Plh Kepala Pelaksana BPBD Lamongan Joko Raharto mengatakan, rumah warga yang terdampak angin kencang tersebut berada di Desa Pelabuhanrejo, Kecamatan Mantup, Desa Warungering, Kecamatan Kedungpring dan Desa Puter Kecamatan Kembangbahu.

Rata-rata rumah yang terdampak angin kencang itu mengalami kerusakan di bagian atap dan rumah roboh. Beruntung kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan adanya korban jiwa.

"Untuk kerusakan ada rumah joglo balai desa ambruk akibat angin kencang dan sejumlah rumah serta fasilitas umum seperti sekolah TK mengalami kerusakan akibat kejadian itu," kata Joko.

Adapun kerugian yang disebabkan oleh angin kencang itu mencapai ratusan juta rupiah. Sementara itu TRC BPBD Kabupaten Lamongan juga telah berkoordinasi dengan unsur Jajaran terkait. Koordinasi itu untuk kebutuhan asesmen untuk mendata jumlah rumah warga yang rusak.

"Rumah yang rusak sebagian belum diperbaiki dan sebagian sudah diperbaiki bersama warga. Untuk kerugian mencapai 300 juta meliputi rumah Joglo Balai Desa Warungering, Kecamatan Kedungpring mengalami kerusakan berat," pungkasnya.