Buntut Pelecehan Seksual, Demokrat Jatim Copot Ketua Demokrat Probolinggo

Emil menjadi faktor kenaikan elektabilitas Demokrat di Jatim
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur akhirnya mencopot jabatan Dedik Riyawan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Probolinggo. Hal itu dilakukan lantaran Dedik terjerat kasus pelecehan seksual yang dilakukan kepada karyawatinya P (19) pada Rabu, 8 Februari 2023 lalu. 

Dedik juga telah ditahan sejak Kamis, 9 Februari 2023. Atas dasar itu, DPD Partai Demokrat Jatim bertindak tegas dengan segera menonaktifkan jabatan Dedik sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Probolinggo. 

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menjelaskan, bahwa upaya tersebut dilakukan tentu dalam rangka menjaga martabat dan marwah organisasi. Bilamana kader-kadernya terjerat kasus yang secara sah dan terbukti bersalah, ia pun tak segan mencopotnya. 

"Sebelum teman-teman tahu, sudah ada langkah yang diambil BPOKK Demokrat Jatim untuk menjaga martabat dan marwah organisasi. The leader has change," kata Emil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam, 13 Februari 2023.

DPD Demokrat Jatim sudah menonaktifkan Dedik Riyawan dari pengurus partai dan untuk sementara jabatan Ketua DPC Partai Demokrat Probolinggo diisi oleh pelaksana tugas (Plt) Mugianto yang juga Ketua BPOKK Demokrat Jatim.

"Kami menghormati proses hukum, untuk sementara statusnya dinonaktifkan. Dan, saya mendapatkan amanah sebagai Plt Ketua DPC Demokrat Kabupaten Probolinggo," kata Mugianto dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa 14 Februari 2023. 

Mugianto mengatakan Partai Demokrat adalah partai yang menjunjung tinggi marwah dan martabat. Menurutnya, sudah menjadi komitmen Demokrat agar sebuah kepengurusan diisi oleh kader yang mendapat trust dari publik.