Pemprov Jatim Jadikan Reaktivasi Kereta Madura Prioritas Utama

Wagub Emil saat menghadiri FGD reaktivasi kereta Madura
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimPemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik upaya Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk menghidupkan kembali atau reaktivasi kereta di Madura.

Setelah sebelumnya mendapatkan support dari pemerintah pusat, melalui surat kepada Presiden Joko Widodo dan berbincang langsung dengan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, kini niat baik Bupati Fauzi itu juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dukungan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Bahkan tak tanggung-tanggung, pihaknya menyatakan bahwa Pemprov menjadikan reaktivasi kereta Madura sebagai prioritas utama.

“Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) juga menyampaikan agar Kementerian Perhubungan mempercepat reaktivasi kereta di wilayah Jawa Timur,” katanya saat menghadiri forum group discussion (FGD) bertajuk ‘Reaktivasi Kereta Madura, Siapa Untung?’ di Surabaya, Selasa, 21 Maret 2023.

Terkait reaktivasi kereta, Khofifah pada 9 Februari 2023 telah berkirim surat kepada Menteri Perhubungan, mendorong percepatan reaktivasi. Soal siapa yang diuntungkan dengan reaktivasi, menurut Emil, “yang untung masyarakat Madura.”

Pakar tranportasi dari ITS, Hera Widyastuti, menilai reaktivasi kereta Madura bisa menjadi transportasi massal yang mampu mengurangi kemacetan. Reaktivasi juga diyakini akan menimbulkan efek domino terhadap banyak sektor, terutama pariwisata di Madura yang kurang terjamah dampak minim infrastruktur.

“Dengan pergerakan transportasi ini [reaktivasi kereta] bisa mengangkat PDRB [produk domestik regional bruto] dari daerah-daerah yang dilewati,” kata Hera.