Kilas Balik Bung Karno Larang Israel Ikut Asean Games 1962 di Jakarta

Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sang Proklamator Kemerdekaan sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Ir Soekarno kembali menjadi sorotan publik lantaran polemik penolakan Timnas Israel bertanding di Piala Dunia U 20 2023 di Indonesia.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Ya, kebijakan Bung Karno lantas menjadi viral karena saat memimpin pernah menolak kedatangan Israel untuk ikut Asian Games IV pada 1962 silam. Kala itu, Indonesia didapuk sebagai tuan rumah.

Bentuk penolakan Bung Karno ditunjukkan dengan tidak memberikan visa kepada para atlet dan pelatih Israel. Sehingga mereka tidak bisa mengikuti gelaran Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Kebijakan Bung Karno bukanlah tanpa alasan. Hal demikian sebagai bentuk penegasan bahwa Indonesia dan Israel belum memiliki hubungan diplomatik. Israel masih menjajah dan belum memberikan kemerdekaan kepada Palestina.

Penolakan terhadap Israel juga dilakukan Bung Karno saat Piala Dunia 1958 di Swedia. Tepatnya pada saat Timnas Indonesia hendak melawan Timnas Israel di babak kualifikasi. Hal demikian sebagai bentuk dukungan Indonesia terhadap kedaulatan Palestina.

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

“Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel." ujar Bung Karno.

Meski konsekuensinya Timnas Indonesia gagal lolos Piala Dunia, Soekarno seakan tidak peduli akan hal tersebut. Pasalnya saat itu Soekarno berkeyakinan, apabila Indonesia melaena Israel sama saja mengakui kedaulatan mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title