Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Erick Thohir: Saya Sudah Berjuang

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Sumber :
  • Viva

Jatim – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku sudah berjuang secara maksimal meyakinkan FIFA agar tetap menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, FIFA mengeluarkan keputusan sebaliknya: mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Erick Thohir menggelar pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, pada Rabu, 29 Maret 2023. Erick menemui Gianni setelah isu penolakan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20 ramai mengembus di Indonesia. 

“Saya sudah berjuang maksimal,” kata Erick dikutip dari VIVA pada Rabu malam.    

Sah, Kontrak Shin Tae-yong Resmi Diperpanjang PSSI sampai 2027

“Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," imbuhnya. 

Menteri BUMN itu menuturkan, keputusan jadi atau tidaknya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah mutlak kewenangan FIFA sebagai lembaga tertinggi persepakbolaan dunia yang memiliki 211 negara sebagai anggota. 

5 Fakta Pilu Duel Timnas Indonesia Vs Qatar yang Dirugikan Wasit

“Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola,” tandas Erick.

FIFA mengeluarkan keputusan untuk membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
img_title