Lawan Kebijakan FIFA, Indonesia Diminta Berani Banding ke CAS

Karangan bunga menghiasai gedung kantor PSSI
Sumber :
  • Viva

Jatim – Kenyataan pahit baru saja menimpa Indonesia usai dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus menerima keputusan itu meski segala persiapan, baik yang bersifat teknis maupun non teknis sudah dilakukan.

Shin Tae Yong Beberkan Kunci Sukses Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 3-0 di Hanoi

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," demikian bunyi pernyataan di situs resmi FIFA.

Banyak yang menganggap pembatalan ini karena maraknya penolakan terhadap Timnas Israel. Ada juga yang berpendapat Tragedi Kanjuruhan menjadi penyebab FIFA mengeluarkan keputusan ini.

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

Terkait hal ini, pengamat sepakbola nasional, Lalu Mara Satriawangsa memberikan pendapatnya. Menuruntnya, Indonesia perlu mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) agar situasinya menjadi jelas.

"Kenapa kita tidak masukkan banding ke CAS? Apakah kt tidak merasa dirugikan atas pembatalan ini? Soal menang/kalah dalam sidang CAS nanti, itu soal lain. Minimal kita menuntut hak kita. Selain itu, kita bisa tahu apa dasar FIFA dalam mengambil keputusan atas pembatalan ini," ungkap Lalu Mara di Twitter, dikutip dari VIVA, Sabtu, 1 April 2023. 

Gairah Sepak Bola Indonesia Bangkit, Saatnya Lakukan Pembinaan Lebih Masif

"Surat pembatalan FIFA itu multi tafsir. Membuat kita ribut sendiri. Jadi agar jelas duduk soalnya: Masukkan keberatan ke CAS. Nanti dalam proses sidang kita tahu alasan sebenarnya. Bukan karena situasi terkini, yg bisa di bawa/tafsir ke mana2," lanjutnya.

Permintaan untuk banding ke CAS juga datang dari Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. Hal itu dianggap penting untuk mendapatkan keadilan dan tegaknya sportivitas.

Halaman Selanjutnya
img_title