Shin Tae-yong Beberkan Rahasia Timnas Indonesia Taklukkan Curacao

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Sumber :
  • PSSI/Viva.co.id

Jatim – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan rahasia timnya mampu menaklukkan Curacao dalam laga internasional FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Sabtu kemarin. Kemenangan dramatis dengan skor 3-2 itu menurut Shin Tae-yong diperoleh dengan tidak mudah.

Seperti diketahui, tiga gol disarangkan Timnas Indonesia ke gawang Curacao oleh Marc Klok di menit 19, Fachruddin Aryanto di menit ke-23 dan Dimas Drajad di menit 56. Sedangkan, dua gol Curacao disumbangkan Rangelo Janga menit ke-7 dan Juninho Bocuna menit ke-25. 

Shin Tae-yong mengakui kehebatan tim Curacao karena itu Timnas Indonesia tak mudah memperoleh kemenangan dengan mudah. Itu wajar karena di ranking FIFA Curacao di atas Indonesia. 

“Secara postur tubuh pun memang lebih baik dari tim Indonesia. Memang banyak hal yang menyusahkan tim kita, sampai gol pertama pun kita kemasukan," ujar Shin Tae-yong dikutip dari VIVA, Minggu, 25 September 2022.  

Namun, Timnas Indonesia punya motivasi tinggi untuk membalikan keadaan. Apalagi, Indonesia bermain di depan ribuan suporter yang memadati Stadion GBLA.  "Kita bisa membalikkan skor dan memang punya kehausan terhadap kemenangan di home, jadi para pemain sangat bekerja keras,” ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu melihat anak asuhnya tidak merasa takut ketika berhadapan dengan tim yang punya beberapa keunggulan. Timnas tetap bermain apik sesuai instruksi. 

"Memang lawan kita bukan hanya negara Asia saja, tapi di luar itu postur tubuh sangat baik, tapi kita bisa melawan dengan baik dan tidak ada ketakutan kepada pemain lawan hari ini," katanya.  

"Jadi pemain pun sangat baik untuk hari ini, mengikuti instruksi saya, untuk itu saya memang sangat terima kasih," kata Shin Tae-yong.