Pentingnya Penerapan VAR di Liga 1: Agar Wasit Tidak Jadi Sasaran Pemain

Seorang wasit menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR)
Sumber :
  • skysports.com

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Perangkat ini dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan secara tepat pada saat krusial.

5 Fakta Pilu Duel Timnas Indonesia Vs Qatar yang Dirugikan Wasit

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mendukung langkah PSSI tersebut. Ia menilai penggunaan VAR memang harus dilakukan guna membantu tugas wasit di lapangan.

"Sebenarnya kan karena suatu terobosan baru di mana memang Liga di dunia juga menggunakan VAR, dan kita sebagai Persib dan mayoritas Liga 1 juga mendukung adanya VAR," ujar Teddy di Bandung, Selasa 23 Mei 2023.

Persebaya Vs Dewa United: Tak Ada Perlakuan Khusus ke Mantan, Optimis 3 Poin

Selama ini, wasit selalu jadi sasaran kemarahan pemain atau pelatih dalam setiap pertandingan. Namun, dengan penerapan VAR diharapkan pertandingan berjalan lebih adil.

"Mudah-mudahan adanya VAR, adanya kesalahan yang pernah terjadi di Liga 1 mudah-mudahan lebih bisa diminimalkan. Sehingga pertandingan sepak bola lebih fair. Dari sisi pengambilan keputusan," katanya.

Blak-blakan, Shin Tae-yong Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Pria berkacamata ini mengaku setiap klub dipastikan bakal dilibatkan dalam penerapan VAR. Mengingat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar VAR bisa diterapkan di stadion.

"Iya, informasi yang kita terima. Setiap stadion (Liga 1) di-instal alat VAR. Pasti akan melibatkan klub. Karena pasti ada jaringan, fasilitas penunjang lainnya yang harus dipasang di stadion di masing-masing stadion klub liga 1," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title