4 Ribu Lebih Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Persebaya Vs Arema FC

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimDerby Jatim antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC sudah diputuskan untuk digelar di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu, 23 September 2023. Untuk mengamankan jalannya pertandingan, sebanyak lebih dari empat ribu personel gabungan disiapkan. 

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (polda) Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Dirmanto, menjelaskan, berdasarkan hasil rapat koordinasi terkait itu, diputuskan sebanyak 4.925 orang yang disiapkan untuk mengamankan jalannya pertandingan antara Persebaya versus Arema.

“[Personel] Gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkot Kota Surabaya,” katanya, Kamis, 21 September 2023.

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Mereka disebar di beberapa titik, dari perbatasan di pintu masuk menuju Kota Surabaya hingga di dalam stadion GBT. Di perbatasan, nantinya penyekatan dilakukan. “Operasi operasi miras juga kami laksanakan untuk melakukan upaya agar tidak ada miras yang masuk ke lapangan sepak bola,” ujar Dirmanto.

Dia juga memastikan bahwa personel keamanan akan mengawal tim dan para pemain Arema FC, dari keberangkatan hingga kepulangan. “Di semua mekanisme atau proses laga nanti, baik itu di tempat tinggalnya pemain Arema atau Persebaya, tetap akan kita jaga, dan akan kita Kawal keluar atau masuk, atau berangkat atau pergi,” kata Dirmanto. 

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

Agar pertandingan betul-betul berjalan lancar, kepolisian mengimbau seluruh suporter, yakni Bonek dan Aremania, agar menaati perjanjian perdamaian yang telah dipatri pada tahun 1996 silam. “Kami harap pada teman-teman Arema, mari kita saksikan di berbagai media yang akan disiarkan secara live,” tandas Dirmanto.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan pertandingan derby Jatim Persebaya vs Arema FC dalam lanjutan Liga 1 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 23 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title