Jelang Piala Dunia U-17, Tingkat Keterisian Hotel di Surabaya Tembus 80 Persen

Ketua BPD PHRI Jatim Dwi Cahyono
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Jelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023, rata-rata tingkat hunian hotel atau okupansi hotel di Kota Surabaya meningkat signifikan. Hingga H-2 pembukaan ajang sepak bola internasional tersebut, pada Jumat 10 November 2023 esok, okupansi hotel tembus 80 persen.

Rumput SUGBK DIhujat Netizen, Begini Respon Ketum PSSI Erick Thohir

Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Timur (BPD PHRI Jatim) Dwi Cahyono kepada Viva Jatim mengatakan, penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya berdampak positif bagi dunia perhotelan seiring naiknya tingkat hunian hotel.

Bila di hari biasa, okupansi hotel di Kota Pahlawan rata-rata berada di angka 50 sampai 60 persen. Sedangkan ketika menjelang Piala Dunia U-17 2023, tingkat hunian kamar hotel di Surabaya tembus 80 persen.

Hasil Liga 1 Hari Ini Banjir Kartu Kuning, Persebaya Kalahkan Bhayangkara FC 1-0

"Kemarin sekitar 80 persen rata-rata okupansi hotel di Surabaya, ini karena jelang Piala Dunia U-17 2023. Kalau rata-rata umum di hari biasanya sekitar 65 persen. Kemarin saja maksimal 50 sampai 60 persen, naik 20 persen dari rata-rata harian, terus mendekati Piala Dunia ini sudah 80 persen," ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu 8 November 2023.

Bahkan di Kabupaten Gresik, Dwi mengatakan, okupansi hotel tercatat lebih tinggi dibanding Surabaya. Yakni di atas 85 persen. Menurutnya, kondisi ini diperngaruhi oleh faktor jarak.

Begini Rekor Buruk Shin Tae Yong Lawan Vietnam

Para tamu yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola Piala Dunia-17 2023, lebih memilih bermalam di hotel-hotel yang ada di Kota Pudak. Sebab ia menilai jarak hotel dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023, tak terpaut jauh.

"Soalnya (jaraknya dengan lokasi Piala Dunia U-17) lebih dekat. Okupansi rata-rata sekitar 85 persen, tapi banyak yang sudah penuh," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title