Sebab Konflik dengan Palestina, Timnas Israel Terusir dari Asia hingga Ngungsi di Eropa

Kosovo Vs Israel
Sumber :
  • Viva

Israel, VIVA JatimKonflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina berakibat pada tim sepakbola Israel. Secara geografis, mereka berada di Asia. Namun, mereka justru tergabung dalam Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) bukan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). 

AFC Terkesima Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania: Masterclass!

Timnas Israel terombang-ambing. Mereka sampai terusir dari Asia dan harus mengungsi sampai ke Oseania dan Eropa. Seperti diketahui, Israel merupakan salah satu negara pendiri Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Mereka sempat menjadi anggota AFC pada 1954 hingga dikeluarkan pada 1974.

Dikutip dari VIVA Kamis 16 November 2023, Israel cukup berprestasi saat masih menjadi bagian dari AFC. Mereka dua kali menjadi runner up Piala Asia pada 1956 dan 1960, serta sekali menjadi juara pada 1964 saat menjadi tuan rumah.  

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Israel juga sempat lolos ke Piala Dunia 1970, saat masih menjadi anggota AFC. Hingga kini, itu menjadi satu-satunya penampilan Israel di Piala Dunia.

Nasib Israel di AFC mulai mengalami masalah pada 1957. Saat itu, negara-negara Arab yang tergabung dalam Arab League melakukan aksi boikot terhadap Israel. Itu tak lepas dari konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina.  

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Di Kualifikasi Piala Dunia 1958, sejumlah negara ramai-ramai menolak melawan Israel. Selain Timnas Indonesia, hal serupa dilakukan Turki, Mesir, Sudan, dan bahkan Belgia. 

Israel nyaris lolos ke Piala Dunia 1958 tanpa bertanding sama sekali. Namun, FIFA mengadakan partai playoff tambahan antara Israel melawan Wales. Israel akhirnya gagal lolos karena kalah dua kali saat menghadapi Wales.  

Halaman Selanjutnya
img_title