Perajin Toples Anyaman Bambu di Tulungagung Banjir Orderan Jelang Lebaran

Kamirin sedang mengayam toples yang dilapisi bambu
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimPerajin toples anyaman bambu di musim Ramadan sekaligus menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengalami peningkatan permintaan pesanan. Kamirin, pria asal Kelurahan Tretek Kecamatan/Kabupaten Tulungagung telah belasan tahun menggeluti berbagai bidang industri kreatif.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Tak pelak, seisi ruangan di depan rumahnya kini mendisplai ratusan produk hasil kreatifitas dirinya dan juga dari siswa binaan di sekolah-sekolah. Ia mengungkapkan bahwa unit usaha disini yang di bidang kerajinan berbagai hasil mulai anyaman, lukisan dan ukiran.

Menurut Kamirin produknya yang diberi nama Crafi Rafi ini berasal dari berbagai bahan baku dibuat dengan tangan. Mulai bahan dari bambu, kayu, hingga pemanfaatan limbah. Pemanfaatan juga bermacam-macam, limbah kayu, limbah kertas, plastik dan sebagainya diolah menjadi barang bernilai ekonomis.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Untuk bulan Ramadhan paling banyak kita membuat toples, tempat jajan. Kami juga mulai mengerjakan rantang (wadah makanan) karena hampir masuk Bulan Syawwal mulai banyak hajatan pernikahan," ulas Kamirin, Sabtu, 30 Maret 2024.

Alumnus Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) di Tulungagung yang berpusat di Pacitan lulus pada 1994 mengatakan untuk range harga jual, ia membandrol mulai dari harga besek (anyaman bambu untuk wadah) termurah sekitar Rp1.500 sampai naik ke atas, di atas harga Rp500 ribu.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Namun untuk yang kayu, harga lebih tinggi range Rp1 juta kalau satu juta ya sehotu, kalau miniatur toidak terlalu tinggi melihat jenis barang atau bahan yang dibuat berasal dari kayu apa. Namun tidak sedikit konsumen yang request dengan membawa kayu sendiri.

Kamirin menambahkan dalam hal pemasaran, meski pernah mendapatkan pesanan dan job untuk pasar luar negeri, ia lebih memilih fokus mengarap pasar lokal mulai dari dalam kota hingga pernah ada yang dari luar pulau mengambil darinya.

Halaman Selanjutnya
img_title