Lakukan 7 Tips Persiapan Ini Agar Mudik Lebaran 2024 Aman dan Selamat

Ilustrasi mudik pakai mobil
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim- Arus mudik lebaran diprediksi akan terus berlanjut hingga menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri. Bagi anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh maka harus mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan anda aman dan selamat. 

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Sebagaimana diketahui, mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru dan Hari besar Nasional.

Pemudik tentu penting untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan. Baik mudik yang dilakukan melalui jalur darat maupun udara.  

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Selain mentaati ketentuan pemerintah ada beberapa tips supaya mudik aman dan nyaman. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tips yang dapat dipersiapkan menjelang mudik lebaran 2024:

1.    Cek keadaan rumah sebelum pergi. Ketika meninggalkan rumah, cabut semua kabel-kabel aliran listrik dan regulator gas, matikan kran air, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah dan apabila perlu beritahu tetangga atau satpam perumahan kalau kita bepergian supaya ikut mengawasi kondisi rumah.

Arus Balik Lebaran 2024, Berikut Tips Sederhana Hemat BBM

2.    Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan, hal ini untuk menjaga kondisi tetap fit selama perjalanan.

3.    Informasikan tetangga atau kerabat. Pemudik disarankan untuk menginformasikan rencana mudik ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik tahun ini. Sehingga, jika ada insiden tertentu, para pemudik bisa langsung dikabari.

Halaman Selanjutnya
img_title