‘Doping’ Halal ala Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa saat meminum kopi pahit.
Sumber :
  • VIVA.co.id

Surabaya, VIVA JatimKhofifah Indar Parawansa seperti tak pernah lelah-lelah. Dari muda sampai sekarang, staminanya terlihat tetap terjaga kendati kegiatannya segudang. Lalu, apa tips Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 itu menjaga kesehatan agar tetap prima dan bugar?

Khofifah Didoakan Menang oleh Pengunjung di Pasar Tradisional Tuban

Tak banyak yang mengetahui apa saja yang dilakukan Khofifah dalam menjaga kesehatan. VIVA pernah mengekori kegiatan Ketua Umum PP Muslimat NU itu semasa menjadi Menteri Sosial tahun 2014-2018 ketika keliling Jawa Timur. 

Jadwalnya padat hingga waktu untuk istirahat nyaris tak ada. Malah pejabat yang mengiringi Khofifah yang tepar. Sementara Khofifah tetap terlihat bugar, lincah, dan tak menunjukkan keluhan gangguan kesehatan. Kantuk pun tak ada.

Hadiri Pelantikan Muslimat NU Tuban, Khofifah Minta di Doakan Dua Periode

Setelah diamati berhari-hari, ternyata ada minuman khusus yang dikonsumsi Khofifah secara rutin setiap hari. Di lokasi acara di daerah yang ia kunjungi, minuman khusus itu juga panitia sediakan. Itu menjadi semacam 'doping' halal bagi dia.

Minuman khusus itu adalah secangkir kopi pahit dan segelas air hangat. “Saya sudah lama minum kopi pahit dan air putih hangat. Entah kenapa, ini seperti dopping bagi tubuh saya,” kata Khofifah dikutip dari VIVA pada Rabu, 29 Mei 2024.

Khofifah Dukung Pertahankan Pasar Tradisional Srimangunan Sampang

Namun, kopi yang dikonsumsi Khofifah bukan sembarang kopi. Cara pengolahannya pun tidak asal-asalan. Ketua Umum IKA Unair itu menjelaskan, kopi yang ia konsumsi ialah kopi murni yang ditumbuk halus secara konvensional.

Kopi lalu diracik tanpa dicampur gula. Sebab, menurut Khofifah, kopi yang diminum dengan campuran gula bukanlah kopi. Kopi yang dicampuri gula aromanya akan hilang. Selain itu juga berpotensi mengganggu kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title